Evolusi layanan hotel cerminkan perubahan tren liburan Imlek di China

 

Beijing – Terletak di dekat Lapangan Tiananmen dan Kota Terlarang, Hilton Beijing Wangfujing adalah hotel favorit di kalangan wisatawan yang menjelajahi ibu kota Cina.

Serangkaian layanan yang dirancang khusus untuk menyambut Tahun Ular menambah daya tarik unik hotel ini. Pelanggan dapat menikmati roti merah kukus yang diisi dengan bebek peking yang terkenal, serta cetakan kayu berbentuk shio atau potret Sun Wukong dari Opera Peking, tokoh utama permainan Triple-A yang dirilis tahun lalu dan mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Disajikan dalam panci tembaga tradisional, manisan hotel ini dibentuk seperti ikon Cina, seperti singa, kurma, dan kubis.

Hidangan dan layanan yang disesuaikan dengan acara Festival Musim Semi dan dirancang berdasarkan karakteristik budaya setempat juga diperkenalkan di banyak cabang hotel Hilton lainnya di seluruh negeri. Di Cina, dan juga di beberapa pasar internasional. Hal itu dikemukakan oleh Wendy Huang, Wakil Presiden Senior dan Chief Commercial Officer Hilton Greater China & Mongolia.

“Kami berharap dapat memanfaatkan kuliner kreatif dan budaya lokal, terutama warisan budaya takbenda yang unik serta adat istiadat setempat, untuk menjadikan liburan pelanggan sebagai perjalanan budaya yang bermakna bagi mereka,” kata Huang.

Rayakan Tahun Baru Imlek dengan berwisata dan merasakan budaya Tionghoa telah menjadi tradisi baru selama Festival Musim Semi, yang juga membawa banyak peluang bisnis baru bagi industri perhotelan.

Meningkatnya kesejahteraan dan meningkatnya keinginan akan kemudahan telah menyebabkan banyak keluarga Tionghoa makan di luar pada Malam Tahun Baru Imlek. Menurut Kementerian Perdagangan, beberapa platform daring telah melaporkan peningkatan lebih dari 100% dalam pesanan makan malam reuni keluarga dibandingkan tahun lalu. Cina.
“Meja makan untuk 10 orang yang dijadwalkan malam itu sudah penuh dipesan,” kata seorang staf di hotel Hilton Beijing Wangfujing.

Liburan Festival Musim Semi telah menjadi periode yang sangat penting bagi industri pariwisata. Data Hilton menunjukkan bahwa meskipun pemesanan di pusat pariwisata tradisional seperti China timur tahun ini tetap kuat dibandingkan dengan tahun 2024, beberapa destinasi khusus seperti Jiuzhaigou, Urumqi, dan Maotai juga mencatat tren penurunan reservasi positif pada tahun 2024. 2025 dibandingkan dengan tahun lalu.

Sebagai hari libur penting yang identik dengan pertemuan keluarga, lebih dari 80 persen wisatawan selama periode Tahun Baru Imlek adalah keluarga, menurut laporan yang dirilis oleh Asosiasi Layanan Perjalanan Tiongkok dan platform perjalanan Tunis. kom.

Laporan ini menunjukkan khususnya bahwa tren perjalanan multigenerasi (termasuk kakek-nenek, orang tua dan anak-anak) dan perjalanan orang tua-anak sangat menonjol, masing-masing mereka berkontribusi masing-masing sebesar 36% dan 27% dari total perjalanan.

Untuk memenuhi kebutuhan perjalanan keluarga, Hilton menawarkan kamar-kamar yang saling terhubung untuk memungkinkan interaksi yang dekat sekaligus menyediakan ruang pribadi bagi anggota keluarga. Menurut Huang, layanan ramah hewan peliharaan juga tersedia bagi mereka yang bepergian dengan kucing atau anjing.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan AS telah membuka lebih dari 100 hotel setiap tahun di China, yang merupakan pasar luar negeri terbesarnya. Hilton telah membuka hotel di lebih dari 250 tujuan di China pada akhir tahun 2024.
“Kebutuhan wisatawan Tiongkok terus berkembang, dan ini akan terus memacu inovasi dalam layanan kami,” kata Huang.